Usai Raih Perunggu, Chico Jadi Ancaman Serius bagi Malaysia di SEA Games

Chico Aura Dwi Wardoyo berhasil meraih medali perunggu di Kejuaraan Asia Bulutangkis 2022. Keberhasilan tersebut membuat tunggal putra asal Papua itu menjadi ancaman besar bagi tim Malaysia di SEA Games 2021, yang akan diselenggarakan di Hanoi, Vietnam pada 12-23 Mei 2022.

Penampilan Chico di Kejuaraan Asia 2022 yang berlangsung di Manila, Filipina memang patut diacungi jempol. Bagaimana tidak, berstatus sebagai non unggulan, Chico sukses membuat kejutan luar biasa sejak babak pertama.

Chico secara luar biasa mampu mengalahkan unggulan pertama sekaligus tunggal putra nomor satu dunia, Kento Momota lewat pertarungan rubber game alias tiga gim, 17-21, 21-17, dan 21-7.

Setelah menuntaskan perlawanan Momota, laju Chico terus berlanjut. Tunggal putra nomor 44 dunia itu menghempaskan Lee Cheuk Yiu (Hongkong) dengan skor 21-19 dan 22-20 di babak kedua, serta Li Shifeng dari China (21-17 dan 21-14) untuk melangkah ke semifinal.

Sayang, kegemilangan Chico harus terhenti di empat besar. Pemilik perak Kejuaraan Dunia Junior 2016 itu dipaksa menyerah 9-21, 21-18, dan 16-21 dari seniornya sesama Indonesia, Jonatan Christie.

Hasil mengagumkan itu membuat Direktur Kepelatihan Tunggal Asosiasi Bulutangkis Malaysia (BAM), Wong Choong Hann waspada. Legenda tunggal putra Negeri Jiran itupun menganggap Chico sebagai saingan terberat anak asuhnya di SEA Games 2021.

“Dia telah meningkat dengan cepat sejak kami melihatnya di Kejuaraan Beregu Asia (pada bulan Februari). Dia telah menghasilkan permainan tingkat atas dalam mengecewakan beberapa nama besar,” kata Choong Hann, seperti dilansir dari The Star Malaysia, Rabu (4/5).

“Kami melihatnya sebagai ancaman bahkan setelah SEA Games. Kami telah mencatat dan akan bekerja pada kekuatan pemain kami untuk menyamai dia.”

Terakhir kali indonesia meraih emas di SEA Games sendiri adalah pada 2017 lewat Jonatan Christie. Adapun pada 2019, emas dicuri oleh tunggal putra andalan Malaysia, Lee Zii Jia, yang akan absen pada edisi kali ini.

Di Hanoi, Chico kemungkinan besar akan bertarung dengan empat tunggal putra Malaysia, Justin Hoh, Jacky Kok Jing Hong, Lim Chong King dan Lee Shun Yang.[]

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.