tips ipk tinggi

Tips Untuk Dapat IPK Tinggi Ini Bisa Kamu Coba

Mendapatkan IPK tinggi merupakan impian bagi kebanyakan mahasiswa. Apabila kamu termasuk salah satunya, ada sejumlah tips yang dapat dilakukan untuk meraihnya.

IPK atau Indeks Prestasi Kumulatif adalah nilai akumulasi akhir dari seluruh nilai yang diperoleh mahasiswa selama kuliah dengan skala 0-4. Dengan kata lain, IPK merupakan akumulasi dari nilai setiap semester atau IP.

Ada sejumlah manfaat yang diperoleh mahasiswa dengan IPK tinggi. Salah satunya dalam pendaftaran beasiswa.

Hampir semua lembaga pemberi beasiswa memberikan syarat IPK tertentu kepada para peserta, biasanya 3.5. Tentunya, hal ini akan aman ketika detikers memiliki IPK tinggi atau melampaui batas yang disyaratkan.

Selain itu, IPK tinggi juga dapat membantu mahasiswa dalam mendapatkan pekerjaan setelah lulus kuliah. Meskipun bukan segalanya, tetapi tidak ada salahnya untuk meraih IPK yang tinggi.

Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Ditjen Diktiristek) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), memberikan sejumlah tips untuk meningkatkan IPK, khususnya selama belajar daring.

berikut tips yang bisa dilakukan untuk meraih IPK tinggi:

1. Aktif di Kelas

Keaktifan mahasiswa menjadi salah satu kunci untuk meningkatkan IPK. Meskipun saat ini perkuliahan masih berlangsung secara daring, detikers tetap harus fokus pada setiap materi yang diberikan dosen dan aktif dalam menyampaikan argumen.

Dengan fokus dan aktif di kelas, detikers dapat dengan mudah memahami materi dan biasanya menjadi perhatian dosen.

2. Rajin Membaca Buku dan Jurnal

Untuk meraih IPK yang tinggi diperlukan pengetahuan yang luas. Menurut Ditjen Dikti, dengan sering membaca buku dan jurnal mahasiswa akan kaya pengetahuan dan menjadikan banyak landasan dalam menulis maupun berargumentasi.

3. Jangan Menunda Mengerjakan Tugas

Ketika menunda pekerjaan, artinya kamu tidak menggunakan waktu secara maksimal dan hasilnya pun juga tidak akan maksimal dalam mengerjakannya, karena konsentrasimu terbagi dengan tugas-tugas lain yang juga berdatangan.

Maka dari itu, sebaiknya ketika diberi tugas langsung dikerjakan. Jika tugas selesai sebelum deadline, kamu bisa memiliki banyak waktu luang dan dapat melakukan hal lainnya.

4. Jangan Titip Absen

Situasi kuliah daring sangat memungkinkan siswa untuk titip absen atau tipsen. Nah, hal ini harus dihindari jika kamu ingin mendapatkan IPK tinggi. Untuk diketahui, kehadiran mahasiswa menjadi salah satu aspek yang dinilai oleh dosen.

Selain itu, dosen akan sangat merasa dihargai ketika mahasiswanya rajin hadir walaupun melalui daring serta aktif di kelas. Hal ini juga melatih kedisiplinan dan menghargai waktu.

5. Siapkan Perangkat, Aplikasi, dan Jaringan yang Memadai

Hal yang tidak kalah penting adalah mempersiapkan perangkat pendukung proses pembelajaran. Di tengah kondisi serba daring seperti ini, kamu dapat menyiapkan perangkat seperti laptop, handphone, dan aplikasi untuk pendukung belajar, seperti zoom meeting hingga google meet.

6. Buat Jadwal Rutinitas

Tips meraih IPK tinggi ini berasal dari BINUS University, salah satu universitas swasta terbaik di Indonesia. Seperti dilansir dari situsnya, jadwal atau rutinitas harian adalah hal yang sangat penting untuk dilakukan. Sebab, dengan membuat jadwal kamu bisa menyeimbangkan waktu untuk diri sendiri, bersosialisasi, dan juga untuk kuliah.

7. Berteman dengan Anak Pintar di Kelas

Masih dari BINUS University, cara lain untuk bisa mendapatkan IPK tinggi adalah kenalan dan berteman dengan anak yang pintar di kelas. Tujuannya agar kamu bisa belajar bareng dan bertanya ketika mendapat kesulitan.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.