Target Timnas Raih Emas SEA Games Diragukan Karena Persiapannya yang Minim

Target Timnas Raih Emas SEA Games Diragukan Karena Persiapannya yang Minim

Target emas yang ditetapkan Menpora Zainudin Amali untuk Timnas Sepakbola Indonesia di SEA Games 2021 dianggap sulit tercapai. Pengamat sepak bola, Akmal Marhali menilai Timnas kurang persiapan.

Menurut Zainudin Amali, permintaannya itu sudah disampaikan pada Ketua Umum PSSI, Moch Iriawan. Maka dari itu, Timnas akan menjalani pemusatan latihan (TC) di Korea.

“Ya emas, target emas dan Ketua Umum PSSI (Moch Iriawan) sudah tahu. Makanya mereka sudah di Pelatnas kan, mau dibawa ke Korea Selatan,” tegas Zainudin Amali.

Skuad Timnas Indonesia U-23 dijadwalkan akan bertolak ke Korea Selatan pada April mendatang. Padahal, SEA Games 2022 ini akan berlangsung pada 12-23 Mei 2022.

Hal ini menjadi perhatian khusus pengamat sepak bola, Akmal Marhali. Menurutnya, jadwal TC terlalu mepet dengan kick off.

Kalau memang menargetkan medali emas, harusnya TC dipersiapkan sebaik mungkin, tidak dengan waktu mepet seperti saat ini.

“Ini bukan tugas mudah, persiapan akan menentukan hasil di lapangan, dan ini salah satu problem yang dihadapi Asnawi Cs.”

“Timnas baru akan melakukan TC pada 8-29 April di Korea Selatan, dengan lawan uji coba yang belum jelas, praktis tidak sampai sebulan,” jelas Akmal Marhali via Instagram.

Padahal, Timnas Indonesia berada satu grup dengan tuan rumah Vietnam, yang notabene ialah tim kuat dan sama-sama menargetkan medali emas di SEA Games.

“Bandingkan dengan rival perburuan medali emas seperti Vietnam dan Thailand yang sudah mempersiapkan diri dengan matang,” jelas pengamat sepak bola, Akmal Marhali.

Sebagaimana diketahui, Timnas Indonesia memang baru merilis nama-nama pemain yang akan tampil di SEA Games 2022 dan mengikuti pemusatan latihan di Korea.

Padahal, Timnas Vietnam dan Thailand sudah memiliki persiapan matang, dimulai dengan turnamen Piala AFF U-23 2022 lalu.

Kala itu, Timnas Indonesia U-23 memang tidak ambil bagian karena sejumlah pemain terpapar Covid-19 dan harus dikarantina. Timnas Vietnam dan Thailand juga baru saja ambil bagian di Dubai Cup U-23.

Persiapan yang sangat matang menuju SEA Games. Meski begitu, Timnas Indonesia setidaknya juga punya modal karena pernah menjadi runner up di SEA Games 2019 Filipina lalu.

Timnas Indonesia Langsung Jumpa Vietnam Sebanyak delapan pemain yang membawa Timnas menjadi runner up SEA Games 2019, kini kembali dipanggil untuk menjadi tulang punggung Timnas untuk SEA Games 2022.

Selain itu, pelatih Shin Tae-yong juga memanggil empat pemain senior, yaitu Fachruddin Aryanto, Irfan Jaya, Marc Klok, dan Richardo Salampessy ke Timnas U-23.

Kehadiran mereka diharapkan dapat menjadi penutup minimnya persiapan Timnas Indonesia menuju SEA Games, walau target sangat muluk, medali emas.

“Mampukah Timnas U-23 meraih medali emas, atau minimal menjajaki prestasi dua tahun silam? Jawaban simpelnya, persiapan akan menentukan hasil di lapangan,” tuntas Akmal.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.