Stefano Lilipaly ke Borneo, Persib Datangkan Gelandang Jepang?

Kompetisi kasta tertinggi sepak bola tanah air, Liga 1 Indonesia semakin ketat. Klub-klub peserta bahkan masih terus melakukan perombakan dalam skuad mereka untuk meraih hasil maksimal pada musim depan.

Salah satunya adalah Persib Bandung. Tim berjuluk Maung Bandung itu masih bergeliat di lantai bursa transfer musim ini meski sudah mendatangkan pemain baru.

Sejauh ini Persib sudah kedatangan empat pemain baru, mereka adalah Rachmat Irianto, Ricky Kambuaya, Ciro Alves dan David Rumakiek. Sayangnya pemain yang masuk tidak sebanding dengan kekuatan pemain yang pergi. Total ada 11 pemain hengkang.

Mereka adalah Esteban Vizcarra, Indra Mustafa, Gian Zola Nasrulloh, Supardi Nasir, Mario Jardel, Bruno Cantanhede, Puja Abdillah, Dhika Bayangkara, Ardi Idrus, Mohammed Rashid dan yang terbaru adalah Muhammad Natshir.

Selain nama lokal, Persib juga membagi fokus mencari pemain asing yang berkualitas untuk menambah kekuatan skuad mereka mengarungi kompetisi Liga 1 musim depan. Salah satu yang tengah mereka incar adalah pemain asing dari Asia untuk mengisi slot yang ditinggalkan Mohammed Rashid.

Kini satu nama mencuat ke permukaan untuk pemain asing dari Asia yang akan memperkuat Persib Bandung di Liga 1 musim depan. Dia adalah pemain asal Jepang, Kazuki Takahashi.

Saat ini Kazuki Takahashi tengah berkarier di Eropa memperkuat salah satu klub kasta tertinggi di Liga Bulgaria, Pirin Blagoevgrad.

Selain Persib Bandung, beberapa klub lain di Liga 1 juga tengah bergerak aktif mencari pemain baru.

Persebaya Surabaya

Persebaya Surabaya menjadi salah satu tim yang aktif di bursa transfer Liga 1, dengan pergerakan yang efektif. Sejauh ini, mereka bahkan sudah melengkapi kouta pemain asingnya.

Tiga nama pemain impor adalah Higor Vidal, Sho Yamammoto, dan Weslen Junior. Sayang nama terakhir terancam batal, setelah pelatih Aji Santoso meragukan statistiknya.

Setelah kabar kegagalan Weslen Junior ke Persebaya, kini muncul satu nama yang dikaitkan dengan Persebaya untuk menggantikan pemain asal Brasil itu. Dia adalah Jose Embalo, striker kasta tertinggi Liga Armenia, FC Alashkert.

“Jose Embalo saat ini masih bermain untuk klub kasta tertinggi Liga Armenia, FC Alaskert,” dikutip dari @gozipbola.

PSIS Semarang

PSIS Semarang masih bergerak aktif di bursa transfer Liga 1, meski mereka sempat jeda setelah mendatangkan dua pemain anyar Taisei Marukawa dan Carlos Fortes.

Satu nama yang rumornya akan jadi pemain baru PSIS Semarang adalah Alie Sesay. Mantan pemain Leicester City itu digaet untuk menggantikan Wallace Costa, yang ingin meninggalkan klub.

Pasalnya dengan adanya Wallace Costa maka slot pemain asing PSIS Semarang sudah lengkap. Sehingga PSIS Semarang dituntut melepas satu nama apabila ingin mendatangkan pemain asing lagi.

Borneo FC

Bali United kembali mencuri perhatian lewat pembuat video singkat tentang perjalanan menjadi juara Liga 1 Indonesia 2021-2022. Namun yang menjadi sorotan, tak ada sosok Stefano Lilipaly dalam video tersebut. Padahal beberapa pemain inti ikut memeriahkan.

Seperti Nadeo Argawinata, Leonard Tupamahu, Ricky Fajrin, I Made Andhika Wijaya, Eber Bessa hingga Ilija Spasojevic. Jean Privat Befolo Mbarga juga tampak menikmati pembuatan video Bali United Rewind.

Dia bisa memperagakan beberapa adegan dengan bagus, tanpa terlihat rasa canggung. Tapi, tak ada sosok Stefano Lilipaly.

Padahal, pemain naturalisasi tersebut menjadi andalan dengan bermain 30 kali sepanjang Liga 1 2021/2022. Lilipaly juga mencetak enam gol dan beberapa assist.

“Rumor di luar banyak yang membahas Lilipaly ke Borneo FC. Itu memang benar bahwa ada komunikasi. Kalau deal ke Borneo, Lilipaly akan jadi pemain termahal di Liga 1,” ucap sumber yang dikutip laman Indosport.com.

Bali United

Bali United telah resmi berpisah dengan bek sayap mantan penggawa Timnas Indonesia, Gavin Kwan Adsit, pada bursa transfer musim ini.

Hal itu membuat sektor pertahanan Bali United meninggalkan lubang sehingga mereka harus bergerak cepat mencari penggantinya.

Salah satu yang rumornya diincar adalah mantan bek Persija, Novri Setiawan. Coach Teco memberikan sinyal akan merekrut eks Persija.

Sinyal itu berupa memuji performa serta pengalaman Novri Setiawan yang telah malang melintang di sejumlah klub. “Novri adalah pemain saya ketika bekerja sama di Persija.

“Dia adalah pemain bagus dan sudah pernah bermain di berapa tim besar di Indonesia,” tutur Coach Teco.[]

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.