Sepak Takraw Optimistis Pertahankan Emas, Berkat Kombinasi Atlet Senior dan Junior

Sepak Takraw Optimistis Pertahankan Emas, Berkat Kombinasi Atlet Senior dan Junior

Timnas Sepak Takraw Indonesia optimistis bisa mempertahankan gelar juara di nomor double tim putra pada gelaran SEA Games 2021 Hanoi. Tim sendiri diisi dengan gabungan atlet senior dan junior.

Menurut pelatih tim sepak takraw putra, Tri Aji, hal tersebut dilakukan karena pertimbangan target medali dan proyeksi regenerasi di sepak takraw tanah air.

“Satu sisi kami butuh pemain-pemain yang matang, tetapi di sisi lain kami juga harus memikirkan regenerasi dengan memberikan pengalaman bagi atlet muda untuk ke depannya,” jelas aji.

“Kami sangat sadar sepak takraw bukan cabor DBON, sehingga kami perlu menyesuaikan tuntutan medali dan juga kompetisi untuk menambah jam terbang atlet-atlet kami.”

Selain itu, tim juga tengah dalam kondisi bugar dan siap berlaga pada multi event dua tahunan di kawasan Asia Tenggara ini. Sebagai informasi, tim takraw menurunkan enam atlet putra yang akan turun di tiga nomor, yakni double, quadrant, dan regu.

“Latihan sentralisasi sebenarnya baru dilakukan awal April, tetapi kami pelatnas desentralisasi sejak Januari. Saya memberikan program kepada anak-anak dan dipantau khusus,” kata Aji melanjutkan.

Berbicara target dan peta kekuatan, Aji optimistis timnya dapat mempertahankan emas di nomor double. Meski demikian, ia meyakini peluang di nomor quadrant dan regu juga terbuka.

Untuk diketahui, sepak takraw Indonesia meraih 1 medali emas, 1 perak, 1 perunggu di SEA Games 2019 Manila. Emas didapat oleh nomor double yang dipenggawai M Hardiansyah dkk.

“Untuk nomor double kami yakin bisa mempertahankan gelar. Namun di nomor quadrant juga berpotensi karena lawan terberat yaitu Malaysia juga menurunkan kekuatan baru di SEA Games kali ini,” kata Aji.

SEA Games ke-31 akan dilaksanakan pada 12-23 Mei. Kontingen Indonesia akan berpartisipasi di 32 dari 40 cabang olahraga yang dipertandingkan. Sepak takraw dijadwalkan mulai bertanding pada 13-21 Mei.[]

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.