Iqbal sebagai Kakanwil Kemenag Aceh

Sederet Prestasi Iqbal sebagai Kakanwil Kemenag Aceh

Kerja keras tidak pernah mengkhianati hasil. Setidaknya itulah yang dirasakan Dr H Iqbal MAg (51), Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kakanwil Kemenag) Aceh saat ini.

Di bawah tangan dingin Iqbal, berbagai capaian prestasi ditoreh Kemenag Aceh. Iqbal dilantik sebagai Kakanwil Kemenag Aceh pada 10 Juli tahun 2020.

Sebelumnya putra kelahiran Geulumpang Bungkok, Pidie ini pernah menjabat sebagai Kepala Kemenag Pidie Jaya, Kepala Kemenag Aceh Selatan, dan terakhir Kepala Kemenag Aceh Barat Daya (Abdya).

Hingga akhir 2021, Kemenag Aceh sebagai perpanjangan tangan dari Kementerian Agama RI telah melakukan berbagai program dan inovasi.

Iqbal juga aktif turun ke kabupaten/kota untuk melakukan koordinasi dan menyukseskan berbagai kegiatan kementerian.

Iklan untuk Anda: Gadis tertidur dengan ular pitonnya dan terbangun karena curiga
Advertisement by
Konsinyering Kenaikan Pangkat, merupakan salah satu ikhtiar Kemenag Aceh di bidang kepegawaian untuk memudahkan layanan kepegawaian.

Pihaknya juga meluncurkan Aplikasi Pelayanan Informasi Kepegawaian (APIK) tahun 2020 dan inovasi ini diikuti oleh kemenag kabupaten/kota.

Dalam perjalanan, Iqbal juga menginisiasi Wakaf Uang Tunai ASN, untuk perluasan Mushala Al-Ikhlas Kanwil Kemenag Aceh.

Saat ini mushala yang menampung 250 jamaah itu sudah operasional dan diresmikan bersamaan dengan peringatan maulid Nabi Muhammad saw 1443 H.

Wakaf tunai juga dikembangkan melalui usaha peternakan seperti di Aceh Tenggara dan Gayo Lues, serta usaha niaga dengan membuka Ihmal Market di Aceh Tengah.

Kemenag Aceh juga berhasil meraih penghargaan terbaik nasional sebagai Operator Sistem Pengawasan Zakat Terpadu.

Dalam bidang pendidikan, siswa madrasah dan guru asal Aceh juga tidak ketinggalan dalam menyumbang prestasi di tingkat nasional hingga diapresiasi Menteri Agama. Hingga saat ini, Kemenag Aceh telah melaunching 69 Madrasah Inovasi Unggulan se Aceh.

Pada tahun 2021, DJPB Provinsi Aceh menobatkan Kemenag Aceh sebagai lembaga peraih peringkat pertama Keuangan Kategori Unit Akuntansi Pembantu Pengguna Anggaran Wilayah Besar.

Sedangkan dalam realisasi anggaran meraih capaian tertinggi Evaluasi Kinerja Triwulan III se regional barat.

Tak hanya inovatif dalam berkarya, Kemenag Aceh juga memiliki “Program Kemenag Aceh Peduli” untuk membantu daerah-daerah yang terkena musibah bencana seluruh Indonesia.

Bahkan Kemenag Aceh bersama Darma Wanita Persatuan Kanwil kerap menyantuni anak yatim, fakir miskin dan duafa.

Tak hanya itu, dalam keberagaman, Iqbal juga dikenal aktif menyuarakan Moderasi Beragama guna menjaga keberagaman dan merawat kerukunan beragama di Aceh.

Upaya ini telah melahirkan Forum Pemuda Lintas Agama di awal tahun 2021.

Tak sampai disitu, Kemenag Aceh juga menetapkan Desa Sadar Kerukunan di Aceh, yaitu Desa Pertamina Kecamatan Rantau, Aceh Tamiang, Gampong Bandar Kecamatan Kota Juang, Bireuen dan Desa Jontor Kecamatan Penanggalan, Subulussalam

 

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.