Universitas Hasanuddin

Rekor Universitas Hasanuddin Pamer Sederet Prestasi

Rektor Universitas Hasanuddin (Unhas), Prof Dwia Aries Tina Pulubuhu memamerkan sejumlah prestasi Unhas di arena musyawarah besar ikatan alumni Unhas (Mubes IKA Unhas). Almamater Unhas disebutnya kini dalam tahap kemandirian sehingga berdampak pada peningkatan prestasi.

“Unhas saat ini memiliki rencana pengembangan jangka panjang mulai 2010-2030. Saat ini dari milestone yang kita jalani sudah memasuki tahap kemandirian. Setiap 5 tahun milestones semakin matang. Ini ditandai dengan capaian dalam banyak hal,” ungkap Rektor Unhas Prof Dwia Aries Tina Pulubuhu dalam sambutannya di arena Mubes IKA Unhas di Four Points Hotel by Sheraton, Jumat (4/3/2022).

Prof Dwia menuturkan Unhas telah berstatus PTN BH sehingga kewenangan-kewenangannya lebih otonom. Sehingga bisa mencapai prestasi cukup baik. Ini ditandai dengan kualitas yang berkesinambungan.

“Misalnya untuk program-program studi (prodi) S1 itu hampir 90% akreditasi A dan unggul. Ini bisa disharing ke para alumni yang sudah lama tidak mendengar soal Unhas. Ini dari narsumnya yang valid. Kualitas juga ditandai dengan akreditasi internasional dan lab-lab yang terakreditasi,” bebernya yang disambut tepuk tangan para audiens.

Prestasi mahasiswa juga cukup membanggakan dengan prestasi di liga mahasiswa nasional dan internasional. Ini mengantarkan indikator Unhas di Kemendikbudristek di tahun 2021 masuk dalam ranking 5 di dalam liga seluruh PTN BH.

“Kita bukan lagi 10 besar. Atau di luar 10 besar tetapi sudah loncat ke 5 besar sesuai tantangan Ketum IKA dahulu,” jelasnya.

Pihaknya berharap Mubes IKA Unhas berjalan aman dan kondusif. Rektor mengimpikan IKA kedepan bisa sepadan dengan almamaternya. Bila almamternya di tahap kemandirian, IKA juga diharap menjadi organisasi yang lebih mandiri.

“Punya program terukur, terencana, memiliki dana abadi yang bisa digunakan untuk kemaslahatan. IKA diharap berperan strategis kedepannya di semua sektor. Sosial, ekonomi, politik. Pokoknya pegang peranan karena almamater juga akan ikut berjaya dan unggul,” tandasnya.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.