PSSI Optimistis Walsh dan Amat Gabung Indonesia

PSSI Optimistis Walsh dan Amat Gabung Indonesia

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, mengaku sudah mengutus dua angota komisi eksekutifnya. Hasani Abdulgani dan Hamdan Hamedan, ke Eropa untuk memproses naturalisasi dua pemain keturunan Indonesia, Sandy Walsh dan Jordi Amat.

Iwan Bule–sapaan Iriawan–optimistis Walsh dan Amat akan memilih bergabung dengan Indonesia.

Hasani dan Hamdan yang diberikan mandat oleh Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, langsung bergerak cepat bertemu dengan Walsh dan Amat beserta keluarga mereka di Belgia.

Hasani dan Hamedan juga membawa berkas-berkas yang harus ditandatangani oleh kedua pemain. Pasalnya, dibutuhkan surat pernyataan jika Walsh dan Amat bersedia melepas kewarganegaraan lama dan jadi WNI.

“PSSI serius mengawal proses naturalisasi pemain yang sebelumnya sudah kami ajukan ke pemerintah sesuai dengan permintaan pelatih (Shin Tae-yong),” tutur Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan.

Menurut Iwan Bule, sapaan akrabnya, Sandy Walsh dan Jordi Amat begitu antusias membela timnas Indonesia. Pihak keluarga masing-masing juga sangat mendukung, sehingga diharapkan proses naturalisasi lebih cepat terealisasi.

“Hasani dan Hamdan sudah bertemu mereka di sana dan memberikan progres perkembangan terkini setiap harinya. Hasilnya positif. Semoga mereka bisa cepat bergabung dengan timnas kita,” urai Iwan Bule. Situasi itu menyangkut beberapa dokumen yang belum ditandatangani atau surat keterangan dari Kedubes Belanda dan Spanyol jika Walsh dan Amat bersedia menjadi WNI.

Butuh Tanda Tangan

Kemenkumham membutuhkan surat pernyataan tertulis di atas materai, yang menegaskan kedua pemain itu siap melepas status kewarganegaraan mereka saat ini dan menjadi Warga Negara Indonesia (WNI).

“Respons dari para pemain sangat positif dan senang. Dokumen yang memerlukan tanda tangan mereka pun sudah ditandatangi. Semoga proses naturalisasi ini bisa segera rampung dan bisa selesai secepat mungkin,” imbuh Mochamad Iriawan.

Selain Sandy Walsh dan Jordi Amat, terdapat satu nama lagi yang akan dinaturalisasi untuk timnas Indonesia, yakni Shayne Pattinama. Ketiga nama itu memang diajukan atas permintaan Shin Tae-yong.

Hasani Abdulgani dan wakil PSSI juga bertemu beberapa pemain keturunan Indonesia seperti Ivar Jenner dan Jim Crique. Namun, belum dipastikan apakah kedua pemain muda itu tertarik membela Skuat Garuda.  Nenek Jordi Amat

Berurai Air Mata Mantan pemain klub Liga Inggris dan Spanyol yakni Jordi Amat selangkah lagi bakal sah menjadi WNI dan bisa membela timnas Indonesia.

Diketahui, Jordi Amat saat ini memang sedang dalam proses naturalisasi untuk menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) dan disiapkan untuk membela Skuat Garuda.

Berkas untuk proses naturalisasi Jordi Amat pun sudah masuk ke Kemenkumham. Namun memang dalam prosesnya ada satu berkas yang kurang sehingga sedikit menghambat proses naturalisasi.

Berkas tersebut adalah surat legalitas dari Kedutaan Besar Spanyol, negara asal pemain berusia 30 tahun tersebut.

Terkait hal ini, PSSI menugaskan anggota Exco Hasani Abdulgani untuk bertolak ke Belanda guna meminta tanda tangan para pemain keturunan termasuk Jordi Amat.[]

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.