PASI Gelar Pemusatan Latihan di Papua, Usai Rekrut Pelatih Jamaika

PASI Gelar Pemusatan Latihan di Papua, Usai Rekrut Pelatih Jamaika

Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) akan  merekrut pelatih asal Jamaika untuk pemusatan latihan yang akan digelar di Papua pasca SEA Games Hanoi 2021. Sejalan dengan itu, PASI menargetkan delapan medali emas di SEA Games Hanoi.

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Umum PASI, Luhut Binsar Panjaitan. Menurut pria berusia 74 tahun yang juga Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi itu target delapan emas cukup masuk akal.

“Kita target untuk SEA Games nanti di Vietnam delapan medali emas dan ini juga sudah melalui berbagai prediksi. Jadi kita doakan saja atlet-atlet kita yang nantinya bertanding,” kata Luhut.

“Untuk pelatih kami sudah siap datangkan pelatih asal Jamaika. Nanti kalau tidak salah bulan Juni mereka akan datang dan akan langsung bantu di Papua.”

Sejauh ini, PASI telah memanggil 23 atlet untuk pemusatan latihan SEA Games. Sejumlah atlet tersebut akan berlatih di Jakarta dan kemungkinan tidak akan mudik di hari lebaran.

Adapun target delapan emas tahun ini lebih banyak dari capaian SEA Games sebelumnya di Filipina 2019. Ketika itu, Indonesia mengumpulkan lima emas, enam perak, dan lima perunggu.

Sebelum diberangkatkan ke Hanoi, sejumlah atlet akan berlatih di Singapura sekaligus mengikuti kejuaraan di negara tersebut pada 14-17 April. Namun, hanya 12 atlet yang dikirim ke Singapura.

Pelari terbaik Indonesia, Lalu Muhammad Zohri, akan bertanding untuk kali pertama di SEA Games di Hanoi nanti. Zohri diharapkan bisa menjadi salah satu penyumbang emas.

Di sisi lain, Luhut mengatakan bahwa PASI sedang merencanakan Papua dan Pengalengan di Jawa Barat sebagai lokasi desentralisasi pelatihan atletik Indonesia. Untuk mewujudkan itu, Luhut menyebut bahwa ia telah meminta sponsor dari sejumlah perusahaan seperti PT Freeport Indonesia (FPTI).

“Nanti saya mau minta berbagai perusahaan, misalnya perusahaan tambang kayak PTFI untuk berkontribusi juga bagi di ranah seperti ini, biar makin baik atlet kita,” kata Luhut.

PASI diketahui sudah menandatangi nota kesepakatan (MoU) dengan Freeport untuk pemusatan latihan atletik nasional yang berada di Mimika, Papua.[]

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.