Meskipun Berpuasa, Intensitas Latihan Timnas U-19 Tak Berkurang

Meskipun Berpuasa, Intensitas Latihan Timnas U-19 Tak Berkurang

Asisten Pelatih Tim Nasional Indonesia U-19, Nova Arianto, mengatakan bahwa pemainnya tetap menjalankan ibadah puasa seperti biasa di tengah pemusatan latihan (TC) di Korea Selatan.Puasa di Korea Selatan juga lebih panjang karena siang hari bisa mencapai 14 jam. Namun demikian, program latihan untuk skuat tidak mengalami perubahan.

“Tidak ada pengurangan intensitas latihan, semua berjalan normal dan sesuai dengan program yang sudah direncanakan,” jelas Nova Arianto, Senin (4/4/22).

Pelatih timnas Indonesia U-19, Shin Tae-yong, berkoordinasi dengan para pemain guna mencari solusi terbaik antara berpuasa dan penyesuaian saat hari pertandingan atau uji coba. Kolaborasi itu dilakukan supaya pemain tetap tampil maksimal.

“Ibadah puasa itu dijalankan saat istirahat dan tidak dijalankan jika ada pertandingan atau uji coba di sini,” kata Shin Tae-yong.

Dalam beberapa hari terakhir, Shin Tae-yong fokus menggenjot fisik pemain. Dia menempa fisik pemain agar lebih tangguh lagi di segala kondisi cuaca.

Dalam video yang diunggah akun Youtube PSSI, Shin Tae-yong terlihat sedang mengukur kekuatan fisik seluruh pemain lewat beep test.

Pelatih berpaspor Korea Selatan itu juga meminta Marselino Ferdinan dkk, untuk latihan melompat dan kelincahan (melewati rintangan dengan dan tanpa bola).

Naik-Turun Bukit

Selain latihan di lapangan, para pemain timnas Indonesia U-19 juga diminta naik bukit di daerah Gatbawi, Daegu, Korea Selatan, Jumat (1/4/22).

Mereka terlihat ngos-ngosan mendaki anak tangga ataupun jalan yang menanjak. Semua ini dilakukan untuk meningkatkan ketahanan fisik pemain.

Rencananya, timnas U-19 akan kembali mengelar uji coba dengan Kimchoen FC, Selasa (5/4/23). Setelahnya, giliran Pohang dan Daegu FC menjadi lawan Garuda Nusantara pada 6 dan 7 April.

Agenda Uji Coba di Korea SelatanPemusatan latihan (TC) di Korea Selatan sebagai persiapan timnas U-19 menuju Piala Dunia U-20 2023. Hal ini sangat penting karena Indonesia tampil sebagai tuan rumah.

Selama pemusatan latihan (TC) di Korea Selatan, timnas Indonesia telah menjalani empat laga uji coba. Skuat Garuda Nusantara raih satu kemenangan dan tiga kekalahan.

Tim Merah-Putih kalah dari Universitas Yeungnam (1-5), kalah 0-7 dan 1-5 dari Korea Selatan U-19 dan menang 2-1 atas Universitas Daegu.[]

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.