Indonesia lolos piala thomas dan uber 2022

Menjadi Juara Bertahan, Indonesia Lolos Piala Thomas dan Uber 2022

Sebanyak 15 tim dari 11 negara telah memastikan kelolosan mereka ke Piala Thomas dan Uber 2022. Indonesia adalah salah satunya.

Selesainya kejuaraan beregu putra dan putri di lintas benua pada Minggu 20 Februari 2022, menandai berakhirnya fase awal kualifikasi Piala Thomas dan Uber 2022.

Kejuaraan beregu di tingkat benua menjadi salah satu jalan yang diperebutkan untuk tampil pada putaran final Piala Dunia-nya bulu tangkis.

Indonesia patut berbahagia karena kembali berhasil meloloskan tim putra dan putri pada Piala Thomas dan Uber.

Tim putra dan putri Indonesia kompak lolos ke Piala Thomas dan Uber 2022 dengan mengukir prestasi.

Tim putri menjadi kampiun Kejuaraan Beregu Asia 2022 setelah mengalahkan Korea Selatan pada partai final yang dihelat di Selangor, Malaysia.

Gregoria Mariska Tunjung dkk. mencetak sejarah setelah membawa tim putri Indonesia untuk pertama kalinya memenangi Kejuaraan Beregu Asia.

Sekadar informasi, lolos hingga semifinal Kejuaraan Beregu Asia sebenarnya sudah cukup untuk mengamankan tiket ke Piala Thomas dan Uber 2022.   

Adapun selain Indonesia dan Korea Selatan, Malaysia dan Jepang juga berhak lolos ke Piala Uber 2022 setelah menjadi semifinalis Kejuaraan Beregu Asia 2022.

Keempat negara akan bergabung dengan Thailand yang mendapat jatah tuan rumah dan China selaku juara bertahan Piala Uber 2022.

Ya, juara bertahan otomatis lolos ke Piala Thomas dan Uber berikutnya.

Hal yang sama pun berlaku kepada tim putra Indonesia yang tahun lalu mengakhiri puasa gelar selama 19 tahun di Piala Thomas.

Indonesia sebenarnya juga bisa lolos ke Piala Thomas 2022 melalui kualifikasi Asia.

Bermaterikan pemain muda dan pemain pelapis, Indonesia sukses lolos ke final Kejuaraan Beregu Asia 2022 sebelum kalah dari Malaysia yang tampil full team.

Slot Indonesia dari kualifikasi Asia akan digantikan negara Asia lain dengan peringkat tertinggi di samping Thailand, Malaysia, Korea Selatan, dan Singapura yang lolos duluan.

Melihat peringkat, Jepang menjadi negara terdepan yang berpeluang mendapatkan satu slot yang ditinggalkan Indonesia di kualifikasi Piala Thomas 2022. 

Beralih ke Benua Amerika, Kanada menjadi wakil Benua Merah yang lolos ke Piala Thomas 2022 ditemani Amerika Serikat yang menjadi wakil di Piala Uber 2022.

Kanada dan Amerika Serikat menjadi juara Kejuaraan Beregu Pan Am yang digelar di Acapulco, Meksiko, pada pekan lalu.

Kanada yang diperkuat Brian Yang menang 3-2 atas Brasil. Sementara Amerika Serikat menang 3-0 atas Kanada meski tak diperkuat Beiwen Zhang.

Di Amerika hanya juara Kejuaraan Beregu yang berhak lolos ke Piala Thomas dan Uber. Aturan yang sama juga berlaku bagi wakil Afrika dan Oseania.

Dari Afrika, Aljazair menjadi juara Kejuaraan Beregu di nomor putra sementara Mesir menjadi juara dari nomor putri.

Sementara wakil Oseania harus ditentukan dari peringkat negara setelah kejuaraan beregu di kawasan tersebut dibatalkan karena pandemi.

Kejuaraan Beregu Eropa juga dibatalkan sehingga empat wakil dari Benua Biru pun diputuskan berdasarkan peringkat BWF World Team Ranking.

Di luar kualifikasi berdasarkan zona wilayah, tiga negara berperingkat teratas juga mendapatkan tempat pada Piala Thomas dan Uber. 

Piala Thomas dan Uber 2022 akan berlangsung pada 8-15 Mei di Bangkok, Thailand. Sementara undian babak grup direncanakan digelar pada bulan Maret.

Daftar Kontestan Piala Thomas dan Uber 2022

Piala Thomas Piala Uber
Juara Bertahan
1. Indonesia 1. China
Tuan Rumah
2. Thailand 2. Thailand
Kualifikasi Asia*
3. Malaysia 3. Indonesia
4. Korea Selatan 4. Korea Selatan
5. Singapura 5. Jepang
6. 6. Malaysia 
Kualifikasi Eropa**
7.  7. 
8.  8. 
9.  9. 
10.  10. 
Kualifikasi Amerika
11. Kanada 11. Amerika Serikat
Kualifikasi Oseania**
12. 12. 
Kualifikasi Afrika
13. Aljazair 13. Mesir
Peringkat Dunia
14. 14. 
15. 15. 
16. 16.
   

Keterangan:

*Negara teratas di Asia menggantikan Indonesia yang lolos sebagai juara bertahan

**Kejuaraan Beregu Eropa dan Oseania dibatalkan karena pandemi. Kelulusan ditentukan berdasarkan peringkat

 

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.