Membanggakan Bagas dan Fikri Berpotensi Tembus 20 Besar Dunia

Membanggakan Bagas dan Fikri Berpotensi Tembus 20 Besar Dunia

Sesuai perkiraan, pasangan ganda putra bulutangkis Indonesia, Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri, naik tujuh peringkat di daftar ranking dunia. Sukses menjadi juara di All England 2022, akhir pekan lalu, Bagas/Fikri naik dari posisi ke-27 ke ranking ke-21 dunia.

Bagas/Fikri masih punya peluang untuk naik lebih tinggi lagi dengan keikutsertaan mereka di Swiss Terbuka 2022, pekan ini. Mereka berkesempatan menembus 20 besar jika bisa meraih hasil positif di Swiss Terbuka yang dihelat di St Jakobshalle, Basel, Swiss, 22-27 Maret 2022.

Bukan pekerjaan mudah karena Bagas/Fikri langsung berhadapan dengan unggulan ketiga asal India, Chirag Shetty/Satwiksairaj Rankireddy, di putaran pertama. Jika melangkah mulus, Bagas/Fikri juga berpeluang menghadapi rekan senegara di putaran kedua dan semifinal.

Di putaran kedua mereka berkesempatan menghadapi Pramudya Kusuma Wardana/Yeremia Erich Yoche Rambitan. Namun, terlebih dahulu Pramudya/Yeremia mesti mengalahkan Keiichiro Matsui/Yoshinori Takeuchi dari Jepang di putaran pertama.

Sementara di semifinal Bagas/Fikri berpeluang mengulang pertarungan dengan lawan yang mereka kalahkan di final All England, Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan. Atau, mereka bisa melawan duet junior lainnya, Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin, yang bermain melawan Hendra/Ahsan di putaran pembuka.
Peluang cukup terbuka bagi Bagas/Fikri karena pasangan ranking satu dunia, Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo, tidak ambil bagian di Swiss Terbuka. Juga karena mundurnya pasangan China semifinalis All England, He Jiting/Zhou Haodong, karena kebijakan federasi mereka akibat virus corona (Covid-19).

Pasangan ranking empat dunia, Takuro Hoki/Yugo Kobayashi, yang mereka kalahkan di perempat final All England juga tidak tampil. Juga tidak ada nama duet asal Chinese Taipei ranking tiga dunia, Lee Yang/Wang Chi-Lin.
Pun demikian, ada sejumlah pesaing berat yang tampil di sektor ganda putra di mana salah satunya adalah duet ranking sembilan dunia Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto. Juga juara Jerman Terbuka asal Malaysia, Goh Sze Fei/Nur Izzuddin, dan pasangan asal Denmark unggulan kelima, Kim Astrup/Anders Skaarup Rasmussen.

Malaysia juga masih punya unggulan kedua runner-up All England 2019, Aaron Chia/Soh Wooi Yik. Pasangan ini berpotensi menjadi pesaing gelar karena sedang mencari momen untuk bangkit sebagai salah satu duet ranking sepuluh besar dunia.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.