Marc Klok Ikutan "Puasa", Saat Gabung Dengan Timnas U-23

Marc Klok Ikutan “Puasa”, Saat Gabung Dengan Timnas U-23

Kisah tidak biasa tersaji dalam pemusatan latihan atau training camp (TC) Tim Nasional Indonesia U-23. Pemain naturalisasi asal Belanda, Marc Klok, diketahui ikut melakukan kegiatan “puasa” selama TC.

Hal itu diceritakan oleh Pelatih Sementara Timnas Indonesia U-23, Bima Sakti, saat berbincang dengan Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, yang mengunjungi sesi latihan di Stadion Madya, Kompleks Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta pada Selasa (12/4) sore.

“Jadi disini Braif sama Klok yang tidak puasa. Tapi mereka sangat menghargai teman-temannya. Saya kasih minum, tapi mereka nolak,” kata Bima saat menjawab pertanyaan Iriawan soal pemain yang berpuasa selama latihan.

Klok, yang termasuk satu dari 29 pemain yang dipanggil PSSI untuk mengikuti pemusatan latihan Timnas U-23 jelang SEA Games 2021, tertawa menanggapi pernyataan Bima.

Usai latihan, pemain Persib Bandung itu kemudian buka suara terkait ikutan “puasa” tersebut. Klok mengaku hal itu merupakan bagian dari toleransi beragama alias menghormati rekan-rekannya yang muslim yang tengah menjalani puasa selama latihan.

“Saya pikir kalau saya minum itu tidak baik juga untuk tim. Ya, saya puasa juga,” tutur pemain kelahiran 20 April 1993 itu.

Timnas Indonesia U-23 sendiri memang telah memulai pemusatan latihan di Jakarta sebagai persiapan untuk SEA Games 2021 sejak Kamis (7/4). Dari total 29 pemain yang dipanggil oleh PSSI, terdapat empat pemain senior. Mereka adalah Ricky Kambuaya, Fachruddin Aryanto, Irfan Jaya, dan Marc Klok.

Bagi Klok, ini merupakan panggilan perdana di timnas sejak dinaturalisasi pada April 2021 lalu. Sebab, pemain berusia 28 tahun itu tidak bisa membuktikan memiliki garis keturunan Indonesia, sehingga harus menetap di Indonesia minimal lima tahun untuk bisa membela Timnas.

Lebih jauh, Klok mengungkapkan rasa bahagia dan bangganya bisa membela Timnas. Dia mengaku lega karena penantiannya kini sudah berakhir.

“Bangga sekali, ini mimpi saya. Akhirnya setelah lima tahun, saya tinggal di sini dan main di sini, akhirnya saya bisa gabung dengan timnas dan ini momen sangat spesial,” jelas Klok.[]

 

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.