Jelang SEA Games 2021 Menpora: Semua Kebutuhan Atlet Sudah Tercukupi

Jelang SEA Games 2021 Menpora: Semua Kebutuhan Atlet Sudah Tercukupi

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI, Zainudin Amali mulai melakukan kunjungan ke sejumlah pelatihan nasional (pelatnas) cabang olahraga (cabor) jelang SEA Games 2021. Setidaknya ada empat lokasi yang disinggahi Menpora pada Senin (25/4).

Pelatnas wushu dan bola basket menjadi dua cabor pertama yang didatangi Menpora Amali, yang berlokasi di Gelora Bung Karno (GBK) Arena, Jakarta Pusat. Kemudian dilanjutkan ke Auditorium Manggala Wanabakti, Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup (KLHK) untuk meninjau pelatnas karate, serta renang di Stadion Akuatik, Kompleks GBK.

Turut hadir Ketua beserta Wakil Chef de Mission (CdM) kontingen Indonesia untuk SEA Games 2021, Ferry J Kono dan TB Ade Lukman; Deputi IV Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Nasional (PPON) Kemenpora, Chandra Bhakti, dan Ketua tim review PPON, Prof Moch. Asmawi.

“Hari ini kami Meninjau ke empat cabor yang sedang menjalani pelatnas, yakni wushu, bola basket, karate, dan renang. Kami memastikan mereka benar-benar memanfaatkan sisa waktu yang ada untuk mempersiapkan diri untuk bertanding di SEA Games 2021,” kata Menpora Amali usai melakukan tinjauan.

“Kami tentu ingin tahu apabila ada hal yang kurang, yang dirasa masih harus kami beri perhatian lebih. Ternyata secara keseluruhan (kebutuhan atlet), semua menyampaikan sudah tercukupi.”

Dalam kunjungan itu, Menpora Amali menyampaikan kepada para atlet bahwa mereka yang berangkat ke Hanoi, Vietnam bukan atlet sembarangan. Dia menegaskan bahwa para atlet yang berlaga di multi-olahraga ASEAN tersebut merupakan mereka yang telah berprestasi di tingkat internasional.

“Kami berharap mereka benar-benar yang terpilih. Jadi sekali lagi ingin sampaikan, sekarang paradigma Indonesia sudah berubah. Sasaran utama adalah Olimpiade. SEA Games dan Asian Games adalah sasaran antara saja. Pun demikian bukan berarti sasaran antara, kita asal-asalan. Kami bahkan menyeleksi untuk mengirimkan atlet,” katanya.

“Jadi inilah hasil yang kami dapatkan dari pembinaan selama ini sekaligus membuat pembinaan di cabor-cabor makin ditingkatkan. Sebab kalau pembinaan kurang, pasti akan berkurang juga penilaian tim review untuk menentukan atlet mana yang akan tampil ke depannya.”

Untuk diketahui, pemerintah melalui Kemenpora telah mengumumkan bahwa kontingen Indonesia untuk SEA Games 2021, yang diselenggarakan di Hanoi, Vietnam pada 12-23 Mei 2022 hanya berjumlah sebanyak 476 atlet dari 31 cabor.

Jumlah ini nyaris setengah lebih sedikit dibandingkan kontingen Indonesia pada edisi sebelumnya. Saat SEA Games 2019 di Manila, Filipina, skuat Merah Putih mengirimkan total berjumlah 841 atlet dari 52 cabor.[]

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.