Jauh Dari Keluarga, Zohri: Saya sudah Biasa Lebaran Jauh dari Rumah

Jauh Dari Keluarga, Zohri: Saya sudah Biasa Lebaran Jauh dari Rumah

Untuk kesekian kalinya, sprinter terbaik Indonesia, Lalu Muhammad Zohri, harus menghabiskan bulan puasa dan lebaran jauh dari keluarga. Tahun ini, atlet asal Lombok, Nusa Tenggara Barat, itu mesti bertahan di Pelatnas Atletik SEA Games Hanoi 2021 di Jakarta.

Karena sudah biasa, juara dunia lari 100 meter junior 2018 tersebut mengaku tidak masalah berhariraya jauh dari rumah. Bagi Zohri, hal tersebut adalah risiko pekerjaan sebagai atlet.

“Sebenarnya sudah biasa tak pernah di rumah saat menjalankan puasa maupun lebaran. Setiap bulan puasa pasti ada kejuaraan besar,” kata Zohri di Jakarta, Senin (25/4).

“Saya tidak masalah puasa di manapun. Memang atlet harus siap tanding dan menjalani persiapan di manapun.”

Tahun ini, Zohri disiapkan untuk tampil di lari 100 meter SEA Games yang akan dihelat di Hanoi, Vietnam, 12-23 Mei mendatang. SEA Games Hanoi akan menjadi debut Zohri di pesta olahraga terbesar di Asia Tenggara tersebut setelah absen di SEA Games Filipina 2019 karena ketika itu memprioritaskan kejuaraan dunia.

Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) mengharapkan betul sumbangan emas Zohri di SEA Games Hanoi. Bahkan, PASI menarik Zohri dari semifinal Kejuaraan Dunia Atletik Dalam Ruang di Beograd, Serbia, Maret silam, demi memastikan kondisi sang atlet fit untuk SEA Games.

Lahir di Lombok Utara, 1 Juli 2000, Zohri memiliki waktu terbaik 10,03 detik yang ditorehkannya pada Seiko Golden Grand Prix di Osaka, Jepang, Mei 2019. Capaian tersebut mengantarkan Zohri ke Olimpiade Tokyo 2020 yang mensyaratkan seorang pelari 100 meter minimal meraih waktu 10,05 detik untuk lolos kualifikasi.

Torehan 10,03 detik juga menahbiskan Zohri sebagai pelari tercepat di Asia Tenggara sejauh ini. Lebih dari itu, Zohri juga masih punya ambisi untuk menjadi orang Asia Tenggara pertama yang bisa memacu derap kakinya untuk mencapai finish lari 100 meter di bawah sepuluh detik.

Adapun Indonesia akan menurunkan total 23 atlet yang akan bersaing di arena atletik SEA Games 2021. PASI menargetkan delapan medali emas di salah satu nomor dengan banyak medali itu.[]

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.