Ini Dia Penjelasan Persib Terkait Kambuaya yang Belum Bergabung TC SEA Games

Ini Dia Penjelasan Persib, Terkait Kambuaya yang Belum Bergabung TC SEA Games

Persib Bandung menyebut bahwa belum bergabungnya Ricky Kambuaya ke pemusatan latihan (TC) Tim Nasional U-23 untuk SEA Games 2021 karena yang bersangkutan masih menyelesaikan urusan pribadi di Papua.

Timnas Indonesia U-23 kini tengah berlatih di Jakarta dan akan melanjutkan pemusatan latihan ke Korea Selatan, untuk persiapan menghadapi SEA Games 2021.

Nantinya, Timnas Indonesia U-23 akan berangkat ke Korea Selatan untuk jalani pemusatan latihan dan uji coba. Skuad Garuda Muda di Negeri Gingseng hingga 28 April dan baru berangkat ke SEA Games pada 4 Mei.

Pada sesi latihan Selasa (12/04/22) di Jakarta, salah satu pemain Persib Bandung, Ricky Kambuaya, belum bergabung dengan Timnas Indonesia dan sesi latihan tersebut hanya diikuti sebanyak 18 pemain.

Direktur PT Persib Bandung Bermartabat (PBB), Teddy Tjahjono, mengaku sudah mendengar informasi tersebut. Ia memastikan pemain anyarnya itu dipastikan akan bergabung dengan Timnas Indonesia U-23, pasalnya surat pemanggilan sudah diterima manajemen Persib.

Teddy membeberkan dari informasi yang didapatnya, Ricky Kambuaya belum bergabung dengan Timnas, karena masih menyelesaikan keperluan pribadinya.

“Ricky dipanggil (Timnas Indonesia) suratnya ada dari kita, tetapi yang saya denger dia belum bergabung karena harus menyelesaikan urusan pribadinya di Papua. Tapi akan bergabung nyusul katanya,” kata Teddy Tjahjono saat acara Persib Award 2021-2022, Rabu (13/04/22).

Selain Ricky Kambuaya, ada dua pemain Persib lainnya yang dipanggil untuk mengikuti pemusatan latihan bersama Timnas Indonesia U-23, yakni Rahmat Irianto dan Marc Klok.

Keduanya sudah berlatih dan mengikuti program latihan bersama Timnas Indonesia U-23 untuk persiapan menghadapi SEA Games 2021.

Marc Klok Siap Bela Timnas

Bergabungnya Marc Klok ke Timnas Indonesia merupakan pengamanan pertama, pasalnya sejak resmi naturalisasi dan menjadi warga negara Indonesia (WNI), dia belum bisa membela skuat Garuda.

Hal ini dikarenakan Klok tidak bisa menunjukkan atau membuktikan dirinya memiliki keturunan Indonesia. Alhasil, Marc Klok harus menunggu waktu lima tahun berada di Indonesia sesuai dengan regulasi FIFA.

Bila berkaca peraturan tersebut, Klok baru bisa bermain untuk Timnas Indonesia pada April ini. Bak gayung bersambut, ternyata Klok sudah didaftarkan dalam skuat Timnas Indonesia di SEA Games 2021 pada bulan Mei.

Pemain yang menggunakan nomor punggung 23 ini sangat bersemangat untuk bergabung dengan Timnas Indonesia, pasalnya memperkuat skuat Garuda merupakan cita-citanya setelah menjadi warga negara Indonesia (WNI).

Selain itu, Marc Klok tidak akan menyia-nyiakan kesempatan ini, untuk itu dia akan berusaha menampilkan permainan terbaiknya dan bertekad membawakan Timnas Indonesia meraih prestasi.

Persib Utamakan Timnas

Manajemen Persib sendiri akan mendahulukan kepentingan Timnas Indonesia dibandingkan klub, sehingga Teddy tak keberatan untuk mengizinkan pemainnya gabung Timnas.

Selain itu, Teddy juga menyadari dua pemain anyarnya yang disiapkan untuk menghadapi kompetisi Liga 1 musim depan, sudah biasa mendapat panggilan dari Timnas Indonesia.

“Kepentingan negara Indonesia pasti kami utamakan di atas kepentingan klub,” kata Teddy Tjahjono kepada wartawan, Rabu (06/04/22).

Lebih lanjut Teddy menuturkan, ada kebanggaan yang dirasakan olehnya, jika ada pemain Persib yang mendapat panggilan bergabung dengan Timnas Indonesia.

Sehingga, manajemen dan tim pelatih akan memberikan izin pemain bergabung dengan Timnas, karena selain membanggakan, bermain untuk Timnas merupakan cita-cita pesepakbola profesional. “Tentu saja kami sangat bangga apabila ada pemain Persib yang bermain untuk Timnas,” tegas Teddy.[]

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.