Ikut Turnamen Toulon hingga TC di Kroasia, Berikut Agenda Lengkap Timnas U-19 2022

Ikut Turnamen Toulon hingga TC di Kroasia, Berikut Agenda Lengkap Timnas U-19 2022

Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) terus membuat agenda demi agenda untuk Tim Nasional Indonesia U-19 sebagai persiapan jelang Piala Dunia U-20 2023. Skuat Garuda Nusantara-julukan Timnas U-19-dijadwalkan melakukan sejumlah pemusatan latihan atau training camp (TC), salah satunya di Kroasia.

Timnas U-19 sendiri baru saja menyelesaikan pemusatan latihan di Korea Selatan. TC dilakukan selama lebih dari sebulan, tepatnya sejak 12 Maret hingga 15 April 2022 di dua kota, yakni Gyeongsangbuk-do dan Daegu, Korea Selatan.

Ini menjadi pemusatan latihan Timnas U-29 kedua di tahun ini. Sebelumnya, Ronaldo Joybera Kwateh Junior dan kawan-kawan sudah melakukan TC pada 1-6 Maret di Jakarta.

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan mengatakan, skuat Garuda Nusantara selanjutnya akan kembali menjalani TC di Jakarta bulan depan. Tepatnya selama 15-28 Mei 2022 dan dilanjutkan dengan terbang ke Prancis untuk mengikuti turnamen Toulont pada 29 Mei hingga 12 Juni mendatang.

“Setelah itu, kembali lagi TC di Jakarta (20 Juni – 1 Juli), lalu mengikuti Piala AFF U-18 2022 (2-15 Juli) di Indonesia,” kata Iriawan dalam Webinar Nasional Peningkatan Prestasi Timnas melalui Zoom, Kamis (21/4)

“Ada banyak sekali pertandingan karena mereka memang harus terus bertanding, mengasah keterampilannya sehingga performa meningkat.”

Usai mengikuti Piala AFF U-18, kata Iriawan, Timnas U-19 kembali dikumpulkan untuk menjalani pemusatan latihan di Jakarta pada 5-9 September. Mereka akan bersiap menghadapi Kualifikasi Piala Asia U-19 2023.

“Terakhir sebelum mereka bertanding di Piala Dunia, Timnas U-19 akan kembali ke Kroasia untuk latihan selama dua bulan (31 Oktober hingga 22 Desember),” tambah pria yang akrab disapa Iwan Bule ini.

“Kenapa Kroasia? Karena kami bisa mencari lawan tanding yang tinggi, (levelnya) di atas Indonesia, yang sepadan dan yang kuat-kuat sehingga mereka punya pengalaman yang maksimal.”

Sebagai informasi, Piala Dunia U-20 2023 sedianya digelar pada 2022. Namun, ajang ini harus mengalami penundaan karena pandemi virus corona (Covid-19).

Pertandingan pesta sepakbola junior terakbar di dunia itu dihelat di enam stadion, yakni Jakabaring (Palembang), Gelora Bung Karno (Jakarta), Gelora Bandung Lautan Api (Bandung), Manahan (Solo), Gelora Bung Tomo (Surabaya), dan Kapten I Wayan Dipta (Bali).[]

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.