Universitas Negeri Yogyakarta UNY

Bangga! Mobil Listrik UNY Boyong 3 Penghargaan di IIMS Hybrid 2022

Membanggakan, mobil formula listrik karya mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) akan menjadi wakil Indonesia dalam kompetisi internasional.

Mobi Formula Listrik ini akan ikut kompetisi International Student Car Competition (ISCC) di Korea Selatan.

Mobil listrik yang diberi nama Garuda EV-22 ini sebelumnya meraih tiga penghargaan pada Kejuaraan Formula Electric Student Championship, Indonesia International Motor Show (IIMS) 2022.

“Kami masih menunggu kabar lebih lanjut dari panitia. Tapi kami sudah siap,” kata Kesit Bayu Purnomo, mahasiswa UNY, yang juga manager Tim Garuda EV-22.

Dilansir KilasCimahi.com dari dari Pikiran-Rakyat.com berjudul Mobil Formula Listrik Karya Mahasiswa UNY Sabet 3 Penghargaan Di IIMS 2022.

Kesit Bayu Purnomo, mengatakan, mobil formula eletrik ini sengaja diciptakan bersama rekannya di kampus untuk mengikuti kompetisi IIMS 2022.

Terdapat 12 tim yang berhasil menyelesaikan rancangan mobil formula eletrik. Mereka menyelesaikan pembuatannya dalam kurun waktu tiga bulan.

Pikiran Rakyat Media Network (PRMN) menjadi salah satu sponsor Garuda UNY.

“Kalau yang ini 12 orang, khusus Formula Electric Student Championsip. Khusus dikembangkan untuk kompetisi ini,” ujarnya.

“Kemudian untuk suspensi kita menggunakan independen. Setiap roda bisa independen sendiri,” ujarnya.

Diciptakannya mobil formula eletrik ini kata dia, karena dirinya dan tim ingin berkontribusi lebih di area kendaraan berbasis listrik yang saat ini juga menjadi fokus pemerintah.

Kata dia, transisi energi perlu didukung untuk menciptakan lingkungan yang lebih bersih.

“Latar belakang diciptakannya mobil ini karena semakin majunya zaman kita perlu melakukan transisi energi,” ucapnya.Lebih lanjut, Kesit berujar, mahasiswa UNY sudah terlibat dalam pembuatan mobil listrik.

Bahkan sejak tahun 2019 sudah sempat mengirim tim ke Korea Selatan untuk mengikuti kompetisi yang sama di bidang mobil listrik. Saat itu kata dia, ada 19 orang yang berangkat.

Kemudian untuk kompetisi kali ini, dia tim sudah menyusun rencana bisnis (business plan) sebagai bagian dari presentasi.

“Mobil ini dibuat atau direncanakan untuk apa. Di planning kita kita bangun untuk melakukan disewakan atau dijual. Kita juga berencana membuat bahannya, sampai ke proses penjualan kita sudah catat secara detail,” ucapnya.

Kesit dan tim ke depan sudah memiliki gambaran. Salah satunya adalah sampai bisa masuk ke tahap produksi.

Bahkan kata dia, dirinya dan tim memasang target dalam kurun waktu 1,2 tahun sudah ada keuntungan.

“Sekarang kita masih menganalisis pasar,” ujarnya.

Public Relations Tim Mobil Garuda UNY, Tengku Khadijah, menyampaikan tiga penghargaan diraih Mobil Formula Listrik Garuda EV-22 pada ajang IIMS 2022.

Meliputi sebagai Juara Umum, Juara 1 Kategori Skidpad, dan Juara 1 Kategori Endurance.

“Kami dari Garuda UNY Team mengucapkan terima kasih atas dukungan yang telah Bapak berikan untuk kami,” ujarnya,

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.