5 PTN Bisa Masuk Tanpa Tes, Cek Syaratnya

5 PTN Bisa Masuk Tanpa Tes, Cek Syaratnya

Walaupun masa seleksi jalur undangan SNMPTN 2022 sudah berlalu, siswa masih bisa ikut dalam pendaftaran PTN tanpa tes melalui jalur mandiri masing-masing. Pemilihan mahasiswa baru pada seleksi mandiri tersebut biasanya didasarkan dari rata-rata nilai rapor hingga prestasi akademik maupun non akademik.
Hingga tulisan ini dibuat, Minggu (17/4/2022), setidaknya ada 5 PTN yang masih membuka seleksi mandiri melalui jalur prestasi. Berikut informasi selengkapnya.

1. Universitas Brawijaya (UB)

Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Jalur Prestasi (SMUB Jalur Prestasi) suda dibuka mulai 15 Maret 2022 hingga 29 April 2022 pukul 23.59 WIB Jalur prestasi ini terbuka untuk maha

Persyaratan prestasi pendaftar untuk nilai rapor minimal rata-rata 8.00 di setiap bidang pengetahuan per semester. Untuk prestasi akademik, dapat dibuktikan dengan raihan juara lomba karya tulis ilmiah, lomba kompetensi, story telling bahasa internasional, lomba mata pelajaran, cerdas cermat, atau kejuaraan nasional dan internasional berbentuk olimpiade.

Sementara itu, ketentuan prestasi non akademiknya adalah penghargaan internasional atau nasional bidang olahraga, seni, keagamaan, keterampilan, atau hafidz/hafidzah Al-Qur’an minimal 10 juz.

2. Universitas Negeri Semarang (Unnes)

Selanjutnya, ada Seleksi Mandiri Universitas Negeri Semarang (SM-UNNES) Jalur Prestasi yang dibuka hingga 30 Mei 2022. Seleksi ini ditujukan bagi calon mahasiswa baru jenjang S1 yang memiliki prestasi berbagai bidang.

Ketentuannya, peserta perlu membuktikan kepemilikan prestasi melalui sertifikat atau surat keterangan meraih juara bidang olahraga, seni, olimpiade atau lomba bidang studi di tingkat nasional dan provinsi. Atau pun prestasi keagamaan seperti, hafal Al-Qur’an minimal 20 juz.

Selain itu, siswa yang pernah menjabat ketua OSIS atau Majelis Permusyawaratan Kelas (MPK) selama sekolah juga termasuk dalam kategori prestasi. Meski tidak ada persyaratan minimal nilai rata-rata rapor, peserta diwajibkan untuk mengisi bagian nilai rapor semester 1-5.

3. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)

Pendaftaran Seleksi Prestasi ITS untuk program S1 dibuka hingga 31 Mei 2022. Penerimaan mahasiswa baru melalui jalur ini didasarkan dari pertimbangan nilai rapor yang didukung oleh prestasi-prestasi akademik dan non akademik.

Jalur seleksi mandiri ini memberikan kesempatan bagi lulusan SMA/MA/SMK angkatan 2020, 2021, dan 2022 jurusan eksakta. Adapun siswa dari jurusan non eksakta bisa memilih prodi Desain Produk Industri, Manajemen Bisnis, dan Studi Pembangunan.

Prestasi yang dipertimbangkan melalui jalur ini adalah olimpiade sains, olahraga, seni, karya ilmiah, hafalan kitab suci, pengalaman organisasi, pengalaman sebagai ketua panitia, dan peringkat di sekolah. Peserta dapat membuktikannya dengan mengunggah dokumen bukti prestasinya tersebut.

4. Universitas Padjadjaran (Unpad)
Unpad juga membuka penerimaan mahasiswa baru melalui Seleksi Masuk Program Sarjana Jalur Prestasi (SMUP Jalur Prestasi S1). Seleksi ini ditujukan bagi lulusan SMA/MA/SMK lulusan tahun 2022 yang sudah mengikuti UTBK-SBMPTN 2022.

Persyaratannya, peserta termasuk dalam 25 persen siswa terbaik di kelas reguler dengan nilai rapor di atas KKM mulai semester 1-5. Selain itu, peserta juga wajib memiliki prestasi dalam kompetisi seni, budaya, sains, olahraga dan kompetisi lainnya di tingkat provinsi, nasional, atau internasional.

Peserta yang memiliki prestasi keagamaan seperti penghafal kitab juga diperkenankan mendaftar. Selengkapnya, dapat disimak melalui laman https://smup.unpad.ac.id/sarjana-jalur-prestasi/.

5. Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)
Terakhir, ada pendaftaran Seleksi Mandiri (SM) jalur prestasi untuk program S1 di UNY berdasarkan penjaringan nilai rapor dan prestasi non akademik. Pendaftarannya dibuka hingga 5 Juli 2022 untuk jalur non tes tulis dan 25 Juni 2022 untuk jalur prestasi olahraga unggul.

Untuk jalur non tes tulis terbagi ke dalam tiga kategori yakni, SM Prestasi Akademik berdasarkan nilai rapor, SM Prestasi Unggul berdasarkan prestasi akademik dan non akademik, dan SM Talent Scouting berdasarkan prestasi kejuaraan. Ketiganya terbuka bagi lulusan tahun 2020, 2021, dan 2022.

Kamu tertarik daftar yang mana?

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.